Sejarah PKBM Darus Sa’adah

PKBM Darus Sa’adah didirikan oleh Pujono, S.Sos., M.M. pada tanggal 17 Juli 2011, berlokasi di Jl. Pinguin VI No.680, Kecamatan Jekan Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, dan berjarak 7 km dari pusat Kota Palangka Raya.

Dan telah mencatatkan diri sebagai Lembaga dengan nama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Darus Sa’adah  dengan Akta Notaries Win Aditya Aribawa, S.H., M.Kn. dengan pengesahan dari Kemenkumham Nomor : AHU-147.AH.02.01, Tahun 2011 Tanggal 25 Februari 2011. 

Cikal bakal berdirinya PKBM Darus Sa’adah adalah sebagai Pusat Pembelajaran Nonformal bagi masyarakat di kota Palangka Raya yang awalnya berasal dari kelompok belajar dan terus dikembangkan menjadi PKBM Darus Sa’adah.

Pada tahun 2011 Pujono, S.Sos., M.M. sang pendiri lembaga, sebelumnya adalah seorang Tutor Pendidikan Kesetaraan pada PKBM Mendawai Kota Palangka Raya, berbekal dengan pengalaman sebagai Tutor Paket A, Paket B dan Paket C serta Tutor Komfigurasi Huruf dengan arahan dari Ketua Penyelenggara, Dinas Pendidikan kota Palangka Raya akhirnya dengan Bismillahirahmanirrahim dan Niat mencari Ridho Illahi memberanikan diri pada tahun 2011 mendirikan PKBM sendiri dengan nama awal PKBM Kelompok Belajar

Perkembangan yang cukup signifikan selanjutnya adalah ditahun 2019 telah memiliki peserta didik sebanya 99 orang peserta dengan rincian peserta didik pada Paket A sebanyak 10 orang, Paket B sebanyak 29 orang dan Paket C sebanyak 60 orang.

Jumlah tutor yang dimiliki sampai saat ini untuk Paket A sebanyak 6 orang, Paket B sebanyak 9 orang, dan Paket C sebanyak 10 orang sehingga jumlah tutor secara keseluruhan adalah 25 orang, dengan kualifikasi pendidikan S1 5 orang dan sisanya telah berkualifikasi pendidikan Magister. Selain itu pada saat ini PKBM Darus Sa’adah mempunyai PKBM Binaan sebanyak 4 lembaga yaitu PKBM Pengayoman, PKBM Candra Kirana, PKBM Maoni serta PKBM LPKA.

Prestasi yang cukup membanggakan adalah di tahun 2018 peserta didiknya berhasil diterima pada Universitas Malaysia berserta tutornya, sebagai finalis Tutor KF. dan tak kalah membanggakannya adalah Pengelolanya juga berhasil masuk finalis Pengelolaan PKBM dengan hasil sebagai Peringkat 4 Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 − = 19