Bimtek PKBM Oleh BP Paud dan Dikmas Kalteng

Lembaga BP PAUD dan Dikmas Kalteng terus melakukan pengembangan dan pelatihan di bidang pendidikan non formal agar menjadi berkualitas.

Kalau beberapa waktu lalu telah diadakan bimbingan teknis (bimtek) mengenai pengembangan mutu Lembaga Pendidikan Kursus (LPK), kali ini dilaksanakan bimtek Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Menurut Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalteng Dr. Didik Tri Yuswanto, kegiatan bimtek PKBM yang diselenggarakan di Kabupaten Baritu Utara (Batara) ini, dikuti oleh lima wilayah seperti Kabupaten Batara, Barito Timur (Bartim), Barito Selatan (Barsel) dan Kabupaten Murung Raya (Mura) serta Kota Palangka Raya.

“Dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 30 orang dari kelima wilayah tersebut,”ujarnya kepada Kalteng Pos, Kamis (9/11/2017).

Didik menjelaskan, bimtek ini adalah salah satu upaya pengembangan mutu dalam mewujudkan satuan dan program PAUD Dikmas yang memenuhi delapan standar nasional pendidikan.

 “Yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Dan itu, adalah konsep dasar yang harus dimiliki dan kali ini bimtek di sana untuk membantu pengembangan,”tandasnya.

Terangnya, pengembangan mutu juga dilakukan dengan kegiatan pemetaan mutu. Dari pemetaan mutu ini akan diperoleh data komponen pembelajaran mana yang belum memenuhi standar. Selanjutnya, komponen-komponen yang belum memenuhi standar itu kemudian agar dapat memenuhi standar yang diharapkan. Upaya pembengkelan itu antara lain melalui kegiatan supervisi dan bimtek tadi.

“Dan yang diselenggarakan di Batara ini adalah salah satu dari pengembangan,”ucap Didik.

Sementara itu, Koordinator Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Kalteng, Agnes Apolonia mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti 30 orang. Untuk nara sumbernya berasal dari Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Ketua Badan Akreditasi Provinsi (BAP).

“Harapannya agar yang belum memiliki konsep dari delapan itu agar dapat ditingkatkan dengan mengikuti kegiatan bimtek ini,”pungkasnya (Sumber : http://kalteng.prokal.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

73 − = 68